Pages

Search This Blog

Saturday, June 20, 2015

Instalasi Linux Mint

Broadband learning Center Telkom Klaten

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

        Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai Instalasi salah satu Sistem Operasi LINUX, yakni LINUX MINT.
Pendapat Saya mengenai LINUX MINT :
       Linux MINT adalah sistem operasi jaringan yang baru kali ini saya gunakan, sebelumnya saya hanya pernah menggunakan S.O Windows dan Debian, itu saja saya belum benar-benar tahu tentang S.O tersebut, yang jelas S.O Windows sangat berbeda dengan S.O LiNUX MINT ini.
 Penginstalan LINUX MINT ini saya menggunakan media Flash Disk.
Berikut Langkah-langkahnya:
  1. Siapkan file S.O LINUX MINT dan siapkan media penginstalan, saya menggunakan Flash Disk sebagai Media Penginstalannya
  2. Untuk melakukan instalasi, kita harus mengatur pembacaan awal device (Boot Device priority) yang diatur pada BIOS, dengan mengubah Boot Device Priority yang pertama itu USB Flash Disk, lalu Save and Exit
  3. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini
    Gufron Rajo Kaciak

  4. Setelah proses tersebut selesai, kemudian akan muncul tampilan halaman awal LiveCD LINUX MINT
    Gufron Rajo Kaciak
  5. Selanjutnya, kita akan memulai instalasi, caranya dengan klik ganda pada icon install LINUX Mint pada desktop tersebut.
  6. Kemudian akan tampil menu pemilihan bahasa yang akan digunakan untuk penginstalan. kali ini saya menggunakan bahasa Inggris.
    Gufron Rajo Kaciak
    kemudian pilih continue.
  7. Selanjutnya akan muncul menu Preparing to Install LINUX MINT
    Gufron Rajo Kaciak
    kemudian pilih continue
  8. Setalah proses tersebut, kita akan memilih jenis instalasi
    di situ ada 2 pilihan
    Gufron Rajo Kaciak
    • erase disk and install linux mint, digunakan untuk menghapus semua partisi yang ada dalam hardisk dan digantikan oleh partisi baru untuk instalasi linux Mint
    •  Something else, digunakan untuk mengatur partisi secara manual.
      (kali ini saya menggunakan pilihan "Something else" agar dapat mengatur ukuran sesuai yang diinginkan)
      Gufron Rajo Kaciak
      kemudian pilih continue
  9. Selanjutnya, buat partisi untuk hardisk, sebelum membuat partisi, akan muncul menu di bawah ini
    Gufron Rajo Kaciak
    kemudian pilih Continue
  10. Kemudian akan muncul menu seperti di bawah ini
    Gufron Rajo Kaciak
    Pada S.O Linux dibutuhkan minimal 2 partisi, yaitu jenis Root dan Swap
  11. Untuk membuat partisi tersebut kita klik yang free space
    Gufron Rajo Kaciak
    kemudian kita buat partisi root terlebih dahulu dengan cara klik icon + ,lalu isi ukuran yang kita inginkan
    Gufron Rajo Kaciak
  12. Kemudian kita ganti size nya, misal 8000
    Gufron Rajo Kaciak
    Pilih Type partisi jenis primary, kemudian location partitisi pilih Beginning of this space, dan use as pilih Ext4 journaling file system, serta mount point pilih /boot, lalu klik OK.
  13. Selanjutnya membuat partisi swap, caranya dengan memilih free space lalu klih icon +
    Gufron Rajo Kaciak
  14. lalu isikan ukuran yang diinginkan, misalkan 4000, type partisi pilih Logical, Location partisi pilih Beginning of this space, dan use as pilih swap area.
    Gufron Rajo Kaciak
  15.  Selanjutnya Pilih Install now
    Gufron Rajo Kaciak
  16. Selanjutnya mengatur lokasi,
    Gufron Rajo Kaciak
    Klik lokasi Jakarta
    Gufron Rajo Kaciak
    lalu continue
  17. Selanjutnya mengatur jenis bahasa keyboard
    Gufron Rajo Kaciak
    kita klik continue saja
  18. Selanjutnya muncul isian data account, isi semua data yang ada, seperti nama, password
    Gufron Rajo Kaciak
    misalkan seperti di bawah ini
    Gufron Rajo Kaciak
    kemudian klik continue
  19. Tunggu proses instalasi sampai selesai
    Gufron Rajo Kaciak
  20. Jika sudah selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah ini
    Gufron Rajo Kaciak
    kita klik Restart Now
  21. kemudian akan muncul tampilan Log In

    masukan passwordnya
  22. Selanjutnya muncul halaman awal LINUX MIT
    Hilangkan tanda pada show this dialog at startup
    Gufron Rajo Kaciak
    lalu klik close
  23. Selesai. tampilan desktop LINUX MINT
    Gufron Rajo Kaciak


    Sharing saya :
    saya menemukan eror pada saat penginstalan LINUX ketika Laptop saya telah ada S.O Windows.nya. ketika install LINUX Mint dan sedang proses Partisi, partisi tersebut mengalami corrupt, menurut saya hal tersebut dikarenakan Windows memang terkadang seperti itu, kena virus, eror dll.
    Solusi saya : pertama di ulang, sampai beberapa kali dan sudah menanyakan hal tersebut kepada yang telah mengenal Linux Mint sudah lama, dan solusi akhir Semua partisi di hapus dan di buat dari awal.

    Sekian Postingan saya mengenai Instalasi LINUX MINT, apabila ada penjelasan yang kurang jelas, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.
    Terima kasih atas waktu anda telah membaca postingan saya kali ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates